Magister Manajemen

"Menjadi Program Studi Magister Manajemen yang Unggul di Tingkat Nasional, Regional, dan Internasional dengan Berlandaskan Nilai-nilai Kristiani"

Program studi Magister Manajemen (MM) UKRIDA memberikan dua konsentrasi jurusan yaitu Magister Management Marketing dan Human Resource Management. Tujuan dari program pascasarjana ini adalah untuk mempersiapkan para pemimpin masa depan yang paham dengan industri marketing dan mampu mengelola sumber daya manusia yang andal.

Kekhasan Program Magister Manajemen

Program Magister Manajemen UKRIDA didirikan untuk memenuhi tuntutan dinamika perubahan global di segala bidang, khususnya bidang sumber daya manusia. Untuk dapat bersaing di era global yang super kompetitif dan tanpa batasan, maka SDM diharuskan mampu mengembangkan pemikiran strategik untuk memenangkan persaingan. Atas dasar kebutuhan inilah, program Magister Manajemen UKRIDA mempunyai kekhasan dalam metode perkuliahan di mana menggabungkan antara penyelesaian studi kasus dan pendalaman teoritis yang mempunyai bobot seimbang. Proses perkuliahan juga dilaksanakan dengan metode team teaching antara akademisi dan praktisi bisnis yang akan membekali kemampuan analitis akademis dan naluri praktisi bagi mahasiswa.

Jadwal Belajar Fleksibel

Jadwal perkuliahan akan dimulai pada bulan Oktober 2017. Program Magister Manajemen UKRIDA mewajibkan mahasiswa untuk menyelesaikan 42 kredit SKS dengan rincian:

  • Mata kuliah dasar : 18 sks
  • Mata kuliah Konsentrasi : 9 sks
  • Mata kuliah penunjang : 9 sks
  • Tesis : 6 sks
Informasi Perkuliahan

Bagi calon mahasiswa yang sudah memenuhi syarat pendaftaran dan melakukan registrasi, maka akan segera memulai kelas blended learning Magister Manajemen Ukrida pada Oktober 2017. Awal pertemuan dilakukan secara tatap muka di kampus Ukrida.
Rincian jadwal awal perkuliahan, sebagai berikut:
  • Kuliah Matrikulasi, 30 September 2017
  • Pertemuan awal kuliah, 7 Oktober 2017
Masa perkuliahan 16 minggu (termasuk masa tenang & ujian). Total pertemuan 12 sesi + 2 sesi review + UTS + UAS = 16 sesi. Jumlah SKS per mata kuliah : 3 sks = 3 x 50 menit = 150 menit
Week 1 Week 2 - Week 6 Week 7
4x TM, 2x OL 8x TM, 10x OL UTS on Campus
Week 8 - Week 13 Week 15 - Week 16
12x TM, 12x OL UAS on Campus

TM : Sesi Tatap Muka. Dilakukan di kampus UKRIDA setiap hari Sabtu

OL : Sesi online. Dilakukan melalui internet dimana saja

UTS/UAS : Ujian Tengah Semester/ Ujian Akhir Semester dapat berupa paper atau ujian tertulis/presentasi di kampus

Mahasiswa mendapatkan materi sesi online menggunakan Learning Management System (LMS) yang disediakan selama 24 jam per hari dan 7 hari setiap minggu. Dalam metode belajar online, mahasiswa dapat mengakses dan mempelajari materi di mana saja dan kapan saja disesuaikan dengan jadwal kesibukan.

Perkuliahan dilakukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Dasar penyelenggaraan perkuliahan ini mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan & Kebudayaan RI Nomor: 24 Tahun 2012 Pasal 4 & 15; Nomor 109 Tahun 2013 Pasal 4; Panduan Pelaksanaan PJJ 2016 Dirjen Kemenristekdikti Bab 2 Prinsip-Prinsip Pendidikan Jarak Jauh, Huruf A. Pengertian dan Ruang Lingkup Pendidikan Jarak Jauh, angka 13.

Persentase mata kuliah (MK) online adalah dibawah 50%. Proses pembelajaran dilakukan Senin sampai Sabtu selama paling sedikit 16 (enam belas) minggu, termasuk Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS). UTS dan UAS untuk MK tatap muka dan MK online diselenggarakan di kampus.

Spesifikasi Program

  • Program Studi : S2 Manajemen
  • Gelar Akademis : Magister Manajemen (MM)
  • Fokus Pembelajaran : Marketing dan Human Resource Management
  • Major : Manajemen
  • Total Mata Kuliah : 17 termasuk Tesis
  • Total SKS : 42 termasuk Tesis
  • Masa Kuliah : 4 semester – 24 bulan
  • Metode Pembelajaran : Materi kuliah disampaikan dalam Bahasa Indonesia, materi pengajaran kombinasi Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris
  • Mata Kuliah Internasional : (N/A)

Tabel Kurikulum

Mahasiswa harus mengikuti mata kuliah berikut :

No SKS Human Resources Marketing
1 0 Quantitative Analysis for Management Quantitative Analysis for Management
2 0 Intro to Economic Intro to Economic
3 0 Intro to Management & Business Intro to Management & Business
4 0 Intro to Management & Business Intro to Management & Business
5 0 Critical Thinking Critical Thinking
6 3 Marketing Management & Strategy Marketing Management & Strategy
7 3 Human Resource & Organizational Human Resource & Organizational
8 3 Corporate Finance/Financial Management Corporate Finance/Financial Management
9 3 Management Economics Management Economics
10 3 Strategic Management Strategic Management
11 3 Entrepreneurship Entrepreneurship
12 3 Supply Chain Management Supply Chain Management
13 3 Seminar in Business & Management Seminar in Business & Management
14 3 Strategic Human Resource Management Digital Marketing & Social Media Analytics
15 3 Research Methods Research Methods
16 3 Performance Management Strategic Brand Management
17 3 Cross Culture Management Consumer Behavior
18 NA Tesis Tesis
- 42 - -

Call Us (09:00 - 21:00): +62 858 1950 1220
Kampus I

Jl. Tanjung Duren Raya no. 4
Jakarta Barat
Telp. 021 566 6952
Fax. 021 566 6956

Kampus II

Jl. Arjuna Utara no. 6
Jakarta Barat
Telp. 021 5694 2061
Fax. 021 563 1731

Kampus III

Kokan Permata Blok A no. 6-8
Jl. Boulevard Bukit Gading Raya
Kelapa Gading – Jakarta Utara
Telp. 021 294 50 999
Fax. 021 294 51 374